Posted by : Probo Maejar Minggu, 31 Mei 2015

    Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata “Generasi Emas” dalam sepakbola setelah dengan meyakinkan Timnas Jerman dengan para punggawa-punggawa mudanya berhasil melibas beberapa negara yang notabene merupakan timnas-timnas dengan liga ternama dunia dan merupakan mantan juara Piala Dunia. Perkembangan sepakbola modern di dunia secara pasti membuat kelangsungan hidup sebuah tim nasional suatu negara banyak ditentukan dengan sistem pembinaan pemain muda yang mereka jalankan. Bila mereka melakukan pembinaan yang produktif dan sehat maka bisa dipastikan bahwa negera tersebut akan meraih kesuksesan di masa mendatang. berikut ini 7 negara yang secara konsisten menelurkan para pemain muda dan memiliki tim nasional yang berprestasi internasional, mereka adalah :


1. Jerman



    Saat ini bisa dikatakan Jerman merupakan negara yang berhasil mengembangkan pemain mudanya sehingga berhasil mencapai masa kejayaannya saat ini. Mereka secara konsisten selalu melahirkan pemain-pemain muda yang berbakat dan bertalenta tinggi. Pemain seperti Manuel Neuer, Mesut Ozil, Toni Krooz, Holger Badstuber, Andre Schurrle, Mario Gotze, Marc Andre Ter-Stegen, Bernd Leno, Julian Draxler, dan Thomas Muller adalah hasil dari pengembangan pemain muda yang dilakukan oleh Jerman dan saat ini mereka bermain di Tim-tim papan atas dunia. 

2. Spanyol


    Keberhasilan Spanyol memenangkan seluruh trophy bergengsi di dunia baik dari level klub maupun tim nasional selama hampir 7 tahun terakhir merupakan contoh sukses pembinaan pemain muda yang berhasil dijaga konsistensinya. Saat ini pemain muda Spanyol U-19 berhasil melaju sampai babak final Piala Eropa U-19. Dan nama-nama pemain muda mereka yang berhasil mencuri perhatian dunia diantaranya adalah David de Gea, Thiago Alcantara, Isco Rodrigo, Iker Muniain, Paco Alcacer, Hector Bellerin, Juan Mata, Alvaro Morata, Jese Rodrigues, Gerard Deulofeu, Marc Bartra, Martin Montoya, Oriol Romeu, Sergio Canales, Koke dan masih banyak lagi.

3. Brazil

    Dan yang ke 3 adalah Brazil salah satu Timnas kesukaan saya selain Timnas Indonesia.Tim nasional Brazil bisa dipastikan tidak terlalu kesulitan dalam mencari pemain-pemain muda dengan bakat dan kualitas individu yang hebat. Dari negeri samba ini dunia seringkali terkesima dengan lahirnya pemain-pemain muda yang kelak menjadi salah satu pemain terbaik dunia. selain Neymar ada nama-nama seperti Oscar, Hulk, Lucas Moura, Bernard, Willian, Alex Sandro, dan Coutinho yang menjadi incaran klub-klub elit Eropa. Namun sayang Brazil gagal menjadi Juara Piala Dunia yang diselenggarakan di kampung halaman mereka sendiri.

4. Belanda

    Meskipun tidak pernah sekalipun berhasil menjadi juara Piala Dunia namun Belanda termasuk negera yang mampu menjaga konsistensi kualitas tim nasional mereka, meskipun liga Belanda tidaklah seglamor dan sehebat liga Inggris,Italia atau Spanyol namun kualitas pemain-pemain Belanda membuat banyak klub-klub elite di negara tersebut menggunakan jasa pemain Belanda. Bila saat ini Robin Van Persie, Robben, dan Sneijder merupakan barisan pemain senior maka ada nama baru yang siap menggantikan kegemilangan mereka seperti Luuk de Jong, Jeffrey Bruma, Jordy Clasie, Memphis Depay, Marco Van Ginkel, Bruno Martins Indi, Daley Blind, Tonny Trindade de Vilhena, Adam Maher, Giorgiono Wijnaldum, Jetro WIllems dan masih banyak lagi.

5. Perancis


    Mungkin Kalian sudah familiar dengan nama-nama pemain Perancis seperti Hugo Lloris, Samir Nasri, Karim Benzema, atau Olivier Giroud. Dan baru-baru ini ada nama Paul Pogba, Kurt Zouma, Alexander Lacazette, Adrien Rabiot, dan Raphael Varane. Mereka adalah nama-nama pemain sepakbola yang memiliki karir cemerlang bersama klubnya masing-masing, meskipun secara prestasi tidak ada yang mampu menandingi sang legenda hidup Zidane namun paling tidak saat ini Prancis sudah mulai konsisten melahirkan pemain-pemain muda dengan bakat dan talenta yang berkuialitas.

6. Inggris

    Harus diakui bahwa saat ini liga paling populer dan kompetitif didunia adalah liga Inggris, namun beberapa tahun belakangan ini, negara Ratu Elizabeth mengalami kesulitan apabila harus mencari pemain-pemain muda berbakat dan berkualitas untuk mengisi tim nasional mereka. Karena itu banyak kritikan dari berbagai pihak yang menyarankan untuk mengubah regulasi sepakbola di Liga Inggris agar dapat menjadi tempat pembinaan para talenta-talenta muda yang berkualitas, meskipun tidak terlalu banyak melahirkan pemain muda yang berkualitas namun bukan berarti tidak ada sama sekali, karena ada nama-nama seperti Phil Jones, Jack Wilshere, Ross Barkley, Raheem Sterling, Alex-Oxlade Chamberlain, Josh McEachran, Patrick Bamford, Harry Kane, Jack Butland, Carl Jenkinson, Danny Ings, Luke Shaw, Nathaniel Chalobah, Nathaniel Clyne, Jonjo Shelvy, Jordon Ibe, John Flanagan, Steven Caulker, Chris Smalling  dan Danny Welbeck yang saat ini sudah mulai digadang-gadang menjadi pemain hebat nantinya.

7. Argentina

    Salah satu negara yang identik dengan sepak bola adalah Argentia, bila di masa lalu Maradona sempat menjadi superstar lapangan hijau maka saat ini Lionel Messi berhasil membius para penggemar sepakbola dengan aksi-aksi individunya yang menawan. Meskipun prestasinya belum mampu menyamai sang legenda hidup berambut gimbal tersebut namun beberapa nama lain seperti Sergio Aguero, Angel Di Maria, Ezequiel Lavezzi, Javier Pastore dan Gonzalo Higuain yang juga termasuk nama-nama pemain sepak bola terbaik dunia. Ada beberapa pemain U-21 Argentina yang juga mulai mendapatkan perhatian dunia seperti Ezequiel Munoz, Juan Iturbe, Erik Lamela, dan Matteo Musacchio.


    Negara-negara tersebut diatas merupakan negara yang memiliki konsistensi yang cukup baik dalam pembinaan usia muda mereka, hal ini bisa dibuktikan dengan tetap terjaganya liga-liga utama di negara mereka masing-masing. Karena harus diakui bahwa tidak mungkin melahirkan seorang pemain bintang bertalenta luar biasa bila tidak ada kompetisi lokal yang sehat dan akan menjaring mereka sejak dini.

.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Buy 3환전 사이트 - Tho Tb - Sports betting クイーンカジノ クイーンカジノ betway betway ミスティーノ ミスティーノ 55Home | Aogi Jin 123: Home, Go Fish | 와치 먹튀

    BalasHapus

Copyright © Javanikus Djakartans